Sosialisasi Ekologi Teologi Bagi Jemaat GKSI IMMANUEL bagi Penghijauan di Kecematan Kuala Behe

  • Damaris Resfina Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
Keywords: Ekoteologi, Misiologi, Etika Lingkungan

Abstract

Sosialisasi Ekologi tentang Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Masyarakat di Kuala behe dominan bekerja sebagai pertambangan emas tanpa izin, dengan adanya pekerjaan seperti ini tanpa memikirkan sebuah solusi maka penebangan hutan sembarangan akan berkelanjutan sehingga menimbulkan efek negatif bagi alam dan masyarakat. Pada dasarnya masyarakat di Kuala Behe mempunyai hukum adat tertulis yang melarang penebangan pohon sembarang akan tetapi kurang aktif di tegakkan karna pertambangan emas merupakan peluang bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup hari demi hari. Dengan demikian Kegiatan sosialisasi penghijauan yang dilakukan jemaat GKSI Immanuel Kuala Behe bertujuan antara lain; untuk menambah nilai ekologi, menambah nilai estetika, serta alasan untuk mendukung program pemerintahan selain itu tulisan ini membahas tentang kajian teologi kontekstual-ekologis. Pemahaman masalah lingkungan hidup dan penanganannya perlu diletakkan di atas suatu pondasi etika dan moral untuk mendukung segala upaya yang sudah dilakukan dan di bina selama ini meski ternyata belum mampu mengatasi kerusakan lingkungan hidup. Sosialisasi penghijauan yang dilakukan Jemaat GKSI IMMANUEL Kuala Behe merupakan tindakan untuk menyadarkan bahwa masalah lingkungan hidup tidak terlepas dari tanggung jawab manusia yang beriman dan merupakan Amanat Agung Tuhan untuk memelihara dan melindungi alam dari segala macam kerusakan yang berakibat mengancam hidup.

References

Bauckham, Richard. The Bible and Ecology: Rediscovering the Community of Creation. Baylor University Press, 2010.

Brownlee, Malcolm. Tugas Manusia dalam Dunia Milik Tuhan, cet.4. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Borrong, Robert, P. Etika Bumi Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1999.

Drummond, Celia Diane. Teologi dan Ekologi. Cet. 6. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Prediger, Steven Bouma, For the Beauty of the Earth: a Christianity vision for Creation Care, Cet.2. Grand Rapids, Baker Academic, 2010.

Salurante, Tony. “Teologi Misi dan Kepedulian terhadap Ciptaan: Menjangkau Misi Ekologi yang Terabaikan” dalam Menjangkau Yang Tidak Terjangkau: Bunga Rampai Pemikiran Teologis dalam Memperingati 1 Dekade Sttar. Ed. Adi Putra et.al. Jakarta. Views, 2018.

Published
2020-09-30