Main Article Content

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan agar menemukan pemahaman tentang pentingnya membaca Alkitab terhadap pembentukan karakter dan pertumbuhan iman Peserta didik. Alkitab adalah Firman Tuhan yang tak pernah salah dan berkuasa yang diilhamkan Allah langsung kepada penulisnya. Pembentukan karakter sangat diperlukan bagi peserta didik agar meneladani Kristus. Orang percaya yang memiliki persekutuan Pribadi dengan Allah mengenal Allah melalui membaca dan merenungkan Firman Tuhan serta melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan serta mengenal Tuhan dapat membuat iman semakin bertumbuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket untuk menghimpun data. Hasilnya penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemahaman tentang pentingnya membaca Alkitab terhadap pembentukan karakter dan pertumbuhan iman peserta didik diterima. Karena itu, diperlukan adanya sinergi antara guru PAK, gereja, dan orang tua untuk pembentukan karakter dan pertumbuhan iman siswa.

Keywords

bible reading character development faith growth Alkitab pembentukan karakter pertumbuhan iman siswa pemahaman

Article Details

References

  1. Apaut, Vrijilio Aditia, and Suparman Suparman. “Membangun Disiplin Rohani Siswa Pada Generasi Milenial Melalui Jurnal Membaca Alkitab [Building Milenial Students’ Spiritual Discipline through Bible Reading Journalling].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, no. 2 (2021).
  2. Bambangan, Malik. “Analisis Teologis Terhadap Pandangan Jean Jacques Rousseau Tentang Aasal-Usul Dosa.” JURNAL LUXNOS 6, no. 1 (2020): 22–31.
  3. Belo, Yosia. “Urgensi Pendidikan Kristen Berdasarkan Alkitab.” JURNAL LUXNOS 4, no. 1 (2018): 50–59.
  4. Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen.” Phronesis Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–23.
  5. Brownlee, Victoria. Biblical Readings and Literary Writings in Early Modern England, 1558-1625. Biblical Readings and Literary Writings in Early Modern England, 1558-1625. London: Oxford Scholarship, 2018.
  6. Budi, Setyo. Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI. Edited by Cucu Suryanto. Bandung: CV. Farishma Indonesia, 2020.
  7. Djami, Marla Marisa. “Pencarian Identitas Diri Dan Pertumbuhan Iman Remaja.” STAKN Kupang (2012).
  8. Downs, David J. “Faith(Fulness) in Christ Jesus in 2 Timothy 3:15.” Journal of Biblical Literature. Pasadena: SBL Press, 2012.
  9. Elliott, John H. What Is Social-Scientific Criticism (Guides to Biblical Scholarship New Testament Series). Minneapolis: Fortress Press, 1993.
  10. Gulo, Manase. “Bertekun Dalam Pembacaan Kitab Suci Berdasarkan 1 Timotius 4:13.” Manna Rafflesia 5, no. 1 (2018): 50–68.
  11. Hutahaean, Hasahatan, Elirani Gea, and Adarsan Simarmata. “Membaca Dan Memaknai Mazmur Ratapan 12 Dengan Metode Baca Gali Alkitab.” Manna Rafflesia 7, no. 1 (October 31, 2020): 135–157.
  12. Hutahaean, Hasahatan, Sefendi Sefendi, and Luhut Sinaga. “Edukasi Literasi Terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan Membaca Dan Memahami Kitab Suci.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 4, no. 2 (2021): 199–208.
  13. Hutahaean, Hasahatan, Hermanto Sihotang, and Purnamasari Siagian. “PAK Dalam Keluarga Dan Lingkungan Pergaulan Siswa, Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter.” Berita Hidup 3, no. 2 (2021): 171–188.
  14. Kayayan, E. “Exhortation in Calvin’s Sermon on 2 Timothy 3:16-17.” Koers - Bulletin for Christian Scholarship 66, no. 1/2 (2001): 40–53.
  15. Lestari, Alia, Nur Ma’wiyah, and Muhammad Ihsan. “Kontribusi Dukungan Keluarga Dan Teman Bergaul Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Dengan Memperhatikan Intensitas Belajar.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 8, no. 1 (2020).
  16. Marshall, Howard, Stephen Travis, and Ian Paul. Menjelajah Perjanjian Baru Jilid 2. Baru. Jakarta: Scripture Union Indonesia, 2021.
  17. Martin, Brice L. “1 Timothy 3:16 – A New Perspective.” Evangelical Quarterly 85, no. 2 (2021): 105–120.
  18. Mau, Marthen. “Kajian Manfaat Alkitab Menurut 2 Timotius 3:16 Dan Implikasinya Bagi Orang Percaya Masa Kini.” Manna Rafflesia 7, no. 2 (2021).
  19. Mau, Marthen, Saenom Saenom, and Ferdiana Fransiska. “Peranan Membaca Alkitab Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 1 (2021).
  20. Van der Merwe, Dirk. “Reading the Bible in the 21st Century: Some Hhermeneutical Principles: Part 2.” Verbum et Ecclesia 36, no. 1 (2015): 1–7.
  21. Moimau, Aprianus Ledrik. “Kehandalan Alkitab Menjadi Fondasi Bagi Pengajaran Tentang Yesus Kristus.” Phronesis Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 84–100.
  22. Moller, Philip. “What Should They Be Saying about Biblical Inspiration? A Note on the State of the Question.” Theological Studies 74, no. 3 (2013): 605–631.
  23. Natonis, Harus Y. Pendidikan Agama Kristen Remaja. Edited by P Gregor Neonbasu. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.
  24. Paais, Maartje, and Jozef R. Pattiruhu. “Effect of Motivation, Leadership, and Organizational Culture on Satisfaction and Employee Performance.” Journal of Asian Finance, Economics and Business 7, no. 8 (2020): 577–588.
  25. Ricoeur, Paul. Hermeneutika Dan Ilmu-Ilmu Humaniora. Edited by Muhammad Ali Fakih. Yogyakarta: IRCiSoD, 2021.
  26. Santoso, Magdalena Pranata. Strategi Kurikulum Pendidikan Kristen : Perspektif Biblikal Yang Berpusat Kepada Kristus. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Kristen Petra, 2021.
  27. Sinaga, Luhut, Resteti Sarumaha, and Hasahatan Hutahaean. “Kontribusi Pertumbuhan Rohani Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Christian Humaiora (JCH) 5, no. 1 (2021): 64–80.
  28. Siregar, Nurliani, Hasahatan Hutahaean, and dkk. “Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter.” GUNA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN HINDU 8, no. 2 (2021): 190–199.
  29. Soelistiyo, Daniel Zacheus, Hana Suparti, Paulus Sentot Purwoko, and Ana Lestari. “Implementation of the Teaching on the Life of the Apostle Paul in Serving Based on 2 Timothy 3:10-17.” International Journal of Culture and Religious Studies 2, no. 3 (2021): 1–18.
  30. Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: AlfaBeta, 2018.
  31. Tefbana, Abraham. “Hubungan Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Pertumbuhan Iman Peserta Didik.” JURNAL LUXNOS 4, no. 2 (2021).
  32. Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.
  33. Wahidmurni. “Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif.” Repository UIN Malang 1, no. 1 (2017): 287–295.
  34. Witherington, Ben. Biblical Theology: The Convergence of the Canon. Biblical Theology: The Convergence of the Canon. Cambridge UK: Cambridge University Press, 2019.