Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Paulus ketika menyelesaikan masalah antara Filemon dan Onesimus. Hal ini dilakukan untuk dapat diimplementasikan dalam setiap pelayanan hamba Tuhan atau pun juga guru Pendidikan Agama Kristen. Untuk dapat memperoleh sebuah pemahaman yang baik dan alkitabiah maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini, secara spesifik adalah kajian pustaka dengan menganalisis data-data kualitatif dari beberapa buku tafsiran, pengantar Surat Filemon hingga artikel-artikel terbaru yang telah meneliti hal-hal seputar hubungan Filemon dan Onesimus. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka ditemukan ada tiga jenis komunikasi yang digunakan oleh Paulus, yakni: komunikasi kepada Tuhan, komunikasi kepada Filemon, dan komuniksi kepada Onesimus.

Article Details

References

    Beek, Aart van. Pendampingan Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.
    Calvin, John. Commentary on the Epistle to Philemon. Electronic., n.d.
    D.A. Carson, R.T. France, J.A. Motyer, dan G.J. Wenham., ed. Tafsiran Alkitab Abad Ke-21 (Matius-Wahyu). Jakarta: YKBK/OMF, 2017.
    Eilers, Franz-Josef. Berkomunikasi Dalam Pelayanan Dan Misi. Yogyakarta: Kanisius, 2008.
    Ginintasasi, Rahayu. “Komunikasi”. Direktori Fip. Jurusan Psikologi. Versi pdf
    Laoly, Nepho Gerson. “Kajian Biblika, Sistematika Dan Misi Tentang Pentingnya Doa Bagi Gereja.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 18–24.
    Lubis, Fatma Wardy. Peranan Komunikasi dalam Organisasi, 53-54. Versi pdf.
    Markus Barth, Helmut Blanke. The Letter to Philemon, Critical Eerdmans Commentary. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 2000.
    Moo, D.A. Carson; Douglas J. An Introduction to the New Testament. Malang: Gandum Mas, 2008.
    Ola Tulluan. Introduksi Perjanjian Baru. Batu, Malang: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia, 2007.
    Pranoto, David Susilo. “MODEL KEPEMIMPINAN PAULUS: SEBUAH STUDI EKSPOSISI SURAT FILEMON.” Manna Rafflesia 5, no. 1 (2018): 37–49.
    Putra, Adi. “‘Kajian Biblika Terhadap Makna “Ta Stigmata Tou Iesou” Dalam Galatia 6:17.’” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 13, no. 1, no. March, 2020 (2020).
    Putra, Adi. Homiletika: Panduan Praktis Belajar Ilmu Khotbah Biblika. Jakarta: Penerbit Vieka Wahana Semesta (Views), 2019.
    Santoso, Agus. Hiburkanlah Buah Hatiku: Tafsir Surat Filemon. Bandung: BMI, 2011.
    Tenney, Merrill C. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2006.