MISI KEMITRAAN MENGENTASKAN BUTA AKSARA DI DUSUN BAVUAYA DESA KARUVIA KECAMATAN PINEMBANI SULAWESI TENGAH DENGAN MEMBANGUN RUMAH BACA

  • Tony Salurante
  • Moses Wibowo Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
Keywords: Kemitraan Misi, Misi Allah, Rumah Baca, Buta Aksara, Bavuaya

Abstract

Dusun Bavuaya merupakan salahsatu dusun di Desa Karuvia di Donggal Sulawesi Tengah. Keberadaan masyarakat yang masih tradisional membuat masyarakat menjadi wilayah yang tertinggal dalam berbagai hal. Selain masalah jarak yang jauh dari pusat desa karena hidup ditengah pegunungan. Masalah utama lain masyarakat di pegunungan Kecamatan Pinembani yang masih buta huruf 99%. Dalam rangka ikut serta program pemerintah dan bersama menjalankan sebuah pendekatan untuk mengatasi masalah tersebut. Artikel ini menunjukkan bahwa sekalipun tantangan dalam pelayanan misi daerah pedalaman sangat sulit namun dengan melalukan Misi Kemitraan beberapa kendala utama dapat teratasi dan menunjukkan hasil positif. Program ini bertujuan juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat tertinggal secara sosial.

References

Website:

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/07/24/kemendikbud-4-persen-penduduk-indonesia-masih-buta-huruf di akses 27 Agustus 2020.

https://nasional.republika.co.id/berita/pxjedl370/upaya-kemdikbud-mengatasi-buta-aksara-di-indonesia diakses 27 Agustus 2020.

Literatur

Flemming, Dean. Recovering The Full Mission of God: A Biblical Perspective On Being, Doing and Telling. Downers Grove: IVP Academic, 2013.

Sills, David M. Changing World, Unchancing Mission: Responding to Global Challenges. Downers Grove: IVP Academic, 2015.

Sunquist, Scott W. Understanding Christian Mission: Participation in Suffering and Glory. Grand Rapids: Baker Academic, 2013.

Published
2020-09-30