Dari Dunia Bermain ke Dunia Firman: Pendekatan Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Alkitab Anak GKSI Anugerah Limo

Authors

  • Suarman Mezuari Waruwu Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Yeremia Hia Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47457/jps.v6i2.633

Keywords:

Biblical literacy, children, church environment, interactive approach, play world

Abstract

This Community Service Program (PkM) aims to improve Bible literacy among the children of the GKSI Anugerah Limo congregation through an interactive approach that combines play with an introduction to the Word of God. The low interest in reading the Bible and children's understanding of biblical narratives form the primary basis for this initiative. The community service team employed a descriptive research method using observation and field surveys. Based on initial findings, a creative approach was developed through educational games, simple dramas, and visual activities centred on biblical stories. This activity resulted in a significant increase in children's active participation, their ability to remember biblical characters and messages, and deeper emotional engagement with God's Word. The results of this activity indicate that a play-based approach is an effective strategy for building the foundation of biblical literacy in children from an early age. Therefore, this method is recommended for integration into Sunday school ministry on an ongoing basis.

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Alkitab pada anak-anak jemaat GKSI Anugerah Limo melalui pendekatan interaktif yang memadukan dunia bermain dengan pengenalan firman Tuhan. Rendahnya minat baca Alkitab dan pemahaman anak-anak terhadap narasi-narasi biblika menjadi dasar utama pelaksanaan kegiatan ini. Pengabdi menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan observasi dan survei lapangan. Menurut Sugiyono, penelitian deskriptif merupakan prosedur ilmiah yang bertujuan untuk memperoleh data yang memiliki maksud dan kegunaan tertentu. Berdasarkan temuan awal, dikembangkan pendekatan kreatif melalui permainan edukatif, drama sederhana, dan aktivitas visual yang bertumpu pada kisah-kisah Alkitab. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan signifikan dalam partisipasi aktif anak-anak, kemampuan mereka dalam mengingat tokoh serta pesan Alkitab, serta keterlibatan emosional yang lebih dalam terhadap firman Tuhan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis dunia bermain merupakan strategi efektif dalam membangun fondasi literasi Alkitab anak sejak usia dini. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan untuk diintegrasikan dalam pelayanan sekolah minggu secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suarman Mezuari Waruwu, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Mahasiswa S1 Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Yeremia Hia, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Dosen S1 Teologi, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

References

Anshori, Dadang S, and Vismaia Sabariah Damaianti. 2021. “Literasi dan Pendidikan Literasi.” Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Debora, Kiki, and and Chandra Han. 2020. “Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1: 1.

Francisca Wavinya Ngala; Mercy Mauki, Esther Njoki Irungu. 2021. “Forms of Parental Involvement in the Spiritual Development of Children: Lessons from Grace Community Christian Ministries Church in Kitengela.” Editon Consortium Journal of Arts, Humanities and Social Studies 3, no. 1: 306–15.

Hidayat, Heri, Heny Mulyani, Anni Nashirotul Ummah, Aulia Yusifa, dan Bella Octavia, and Wahyuni. 2021. ““Metode Pembelajaran Interaktif dalam Menerapkan Nilai-nilai Pancasila pada Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9, no. 1.

Khobir, Abdul. 2009. “Upaya Mendidik Anak melalui Permainan Edukatif.” In Forum Tarbiyah, 7:207. Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.

Komisi Kateketik KWI. 2015. Hidup di Era Digital: Gagasan Dasar dan Modul Katekese. Yogyakarta: PT KANISIUS.

Laoli, Antonius. 2024. “Sabtu Ceria: Merespons Kebutuhan Pendidikan Rohani Interaktif bagi Anak-anak di Lingkungan GKSI Efrata.” Jurnal PkM Setiadharma 5, no. 2: 97.

Mambo, Alice W. 2023. “Effective Curriculum Design Framework for Children’s Educational Ministry in Kenya: Focus on the Anglican Church.” Eastern African Journal of Humanities and Social Sciences 2, no. 1: 27–45.

Melvin Subay. 2024. “Penggunaan Media Digital bagi Kegiatan Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen.” EUANGGELION: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 2: 147.

Mendrofa, Eriyani. 2021. “Model Pengajaran Alkitab dalam Pendidikan Kristen di Era Digital.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2: 115–23.

Mulyani, Sukma. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Anak-anak.” Sabar : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik 1, no. 1: 13.

Numahara, Daniel. 2007. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Santy Sahartian. 2018. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen tentang II Timotius 3:10 terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” JURNALFIDEI 1, no. 2: 146.

Sitanggang, Murni Hermawaty. 2023. “Spiritual Education for Children as A Shared Responsibility Between Parents and The Church.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 7, no. 1: 80.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyadi, Bela Mayang Sari dan. 2024. “Permainan Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 1: 2056.

Tarumasely, Yowelna. 2023. Pembelajaran Interaktif Berbantu Nearpod: Membangun Kemandirian dan Kecakapan Belajar Siswa. Jawa Timur: Academia Publication.

Tika, M. P. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia.

Titin Megawaty, Samuel Herman. 2024. “Eksplorasi Pertumbuhan Spiritual dan Perkembangan Manusia pada Anak-anak dan Remaja: Perspektif Teologi.” Sola Gratia Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 4, no. 2: 178.

Tonapa Damaris, et al. 2025. “Membangun Karakter Kristiani melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Excelsior Pendidikan 6, no. 1: 25.

Wiwik pratiwi. 2017. “Konsep Bermain pada Anak Usia Dini.” TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2: 106.

Wiyono, Slamet, Edward E Hanock, and Arosokhi Laoli. 2024. “Peningkatan Literasi Alkitabiah melalui Program Gemar Baca Alkitab di Gereja Reformasi Indonesia Ngabang.” Jurnal PKM Setiadharma 5, no. 2: 126–39.

Yahya Anting. 2021. “Challenges of Christian Religious Education and the Formation of Early Children Associated in the 21st Century.” Inculco Journal of Christian Education 1, no. 1: 16.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Waruwu, S. M., & Hia, Y. (2025). Dari Dunia Bermain ke Dunia Firman: Pendekatan Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Alkitab Anak GKSI Anugerah Limo. Jurnal PKM Setiadharma, 6(2), 157–167. https://doi.org/10.47457/jps.v6i2.633