Main Article Content
Abstract
Tulisan ini terdiri dari beberapa rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana tinjauan metafisika bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen, (2) bagaimana tinjauan epistemologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen, (3) bagaimana tinjauan aksiologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan bagaimana tinjauan metafisika bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen, (2) menjelaskan bagaimana tinjauan epistemologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen, (3) menjelaskan bagaimana tinjauan aksiologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Hipotesis penelitian ini adalah patut diduga sistematika filsafat dapat diimplementasikan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Hasil penelitian berdasarkan rumusan masalah pertama hasilnya adalah telah dijelaskan tinjauan metafisika bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Rumusan masalah kedua hasilnya bahwa telah dijelaskan tinjauan epistemologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Rumusan masalah ketiga hasilnya adalah telah dijelaskan tinjauan aksiologi bagi pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Berdasarkan hipotesis yang diajukan ternyata ditemukan bahwa sistematika filsafat dapat diimplementasikan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Kristen. Dari hasil penelitian ini disarankan dan direkomendasi bahwa setiap pelaku pendidikan Kristen perlu mengimplementasikan sistematika filsafat dalam pengembangan kurikulum pendidikan Kristen sehingga metafisika, epistemologi dan aksiologi pendidikan Kristen dapat diwujudkan dalam pengajaran dan kehidupan para pendidik Kristen sehari-hari.
Keywords
Article Details
Authors who publish in Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi agree to the following terms:
1. The author holds the copyright and grants to the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License, which allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book) with acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange, as well as earlier and larger citations of the published work (See Effects of Access Open).